Makassar Jadi Lokus Studi Tiru Smart City untuk Kabupaten Banggai

FINGERS.NEWS — Pada Selasa, 28 Mei 2024, Bupati Kabupaten Banggai, Amirudin Tamoreka, melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota Makassar untuk mempelajari penerapan konsep Smart City di Kota Makassar.

“Selamat datang di ikon Smart City Makassar. War Room ini adalah pusat kendali yang menunjukkan komitmen kami terhadap penerapan teknologi dalam pelayanan publik,” ujar Asisten I Pemkot Makassar, Muhammad Yasir

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Makassar, Ismawaty Nur mengatakan, War Room adalah pusat kendali yang menunjukkan komitmen Kota Makassar terhadap penerapan teknologi dalam pelayanan publik.

Di dalamnya, terdapat ribuan kamera pemantau (CCTV) yang memantau keamanan dan ketertiban di berbagai titik strategis, termasuk Lorong Wisata.

Selain itu, War Room juga menyediakan data kependudukan, pemantauan cuaca dan iklim, serta aplikasi pelacakan GPS pada kendaraan layanan publik milik Pemkot Makassar, seperti mobil Home Care.

Fitur unggulan dari War Room adalah kemampuannya menampung segala aduan masyarakat melalui Call Centre 112.

Bupati Banggai mengungkapkan kekagumannya terhadap penerapan Smart City di Makassar, terutama terkait pusat data pelayanan publik real-time yang terintegrasi dengan seluruh website SKPD Pemkot Makassar. Kunjungan ini bertujuan untuk studi tiru guna pengembangan Smart City di Kabupaten Banggai.(*)

Comment