Sekda Takalar Hadiri Sosialisasi Teknis Transformasi UPK EKS PNPM Menjadi BUMDESMA

TAKALAR,FINGERS.NEWS–Pj Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M.Dev.,Plg, dalam hal ini di wakili Sekda Takalar H Muhammad Hasbi, S. STP., M. AP, mengahadiri dan membuka sosialisasi teknis transformasi UPK EKS PNPM menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA), di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar

Dalam laporannya, Drs. Andi Rijal Mustamin, MM, Kadis Sosial dan PMD Kabupaten Takalar, menjelaskan bahwa lima kecamatan terlibat dalam kegiatan ini atas dasar evaluasi dari Inspektorat Daerah Kabupaten Takalar.

“Hari ini ada lima kecamatan yang ikut dalam kegiatan ini, yaitu kecamatan polongbangkeng utara, kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kecamatan Sanrobone, Kecamatan Mappakasunggu, Kecamatan Tana keke, Keputusan ini didasarkan pada UPK yang dianggap tidak memiliki keterlibatan aktif di lapangan, meskipun beberapa di antaranya memiliki tunggakan yang dianggap wajar. Harapannya, pembentukan BUMDESMA di kecamatan tersebut menjadi tonggak awal bagi pembentukan BUMDESMA reguler di wilayah pesisir dan pegunungan. Acara ini juga merupakan kelanjutan dari sosialisasi sebelumnya” Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Takalar yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Takalar, H. Muhammad Hasbi, S. STP., M. AP, menyatakan pentingnya ilmu dan tindakan positif dalam mewujudkan tujuan sosialisasi ini.

“Bentuk Teknis Transformasi UPK EKS PNPM menjadi BUMDESMA ini merupakan strategi pemerintah daerah untuk menguatkan badan usaha di tingkat desa, Tujuan kita berkumpul hari ini bersepakat untuk membentuk BUMDESMA yang di-MoU dan di-launching beberapa waktu lalu, kami berharap dapat mencapai kesepakatan dengan melibatkan PNPM, BUMDESMA akan lebih eksis dan strategis dalam mendukung pembangunan di tingkat desa. Dengan kehadiran BUMDESMA di setiap desa, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, keberadaan BUMDESMA akan memperkuat struktur ekonomi di tingkat desa, memungkinkan masyarakat untuk memiliki akses lebih besar terhadap sumber daya dan peluang ekonomi yang ada” Ujarnya,

Acara ini di rangkaian dengan penyampaian materi oleh Nur Ilham Malik, SE, Ak, dari Inspektorat, dan Tamsil Pattalolo, SE, MM, MAk, Koordinator dari Tenaga Ahli Kementerian Desa P3MD Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Materi yang disampaikan mencakup aspek teknis dan strategis dalam mengimplementasikan transformasi tersebut.

Acara ini dihadiri oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Takalar, camat, kades, ketua BP.UPK, BPD, dan BKAD.

Comment