Upaya Percepatan, Pencegahan dan Penurunuan Stunting Terintegrasi , Penjabat Bupati Teken Pernyataan Komitmen

TAKALAR,FINGERS.NEWS–Pemerintah Kab. Takalar terus berupaya dalam Percepatan Penurunan Stunting, untuk membahas hal tersebut Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev,.Plg membuka Rapat Koordinasi Rembuk Stunting Tingkat Kab. Takalar yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Takalar di Gedung PKK Kab. Takalar, Jum’at 17 Mei 2024.

Rembuk stunting dihadiri perwakilan Forkopimda Takalar, Pimpinan OPD Takalar, Kepala Kantor Kementerian Agama Takalar, Pimpinan Bank Sulselbar Kab. Takalar, para Akademisi se-Kab. Takalar, Pimpinan Ormas se-Kab. Takalar, para Camat se-Kab. Takalar, para Danramil dan Kapolsek se-Kab. Takalar dan para Kepala Puskesmas se-Kab. Takalar.

Pj. Bupati Takalar dalam rapat tersebut mengemukakan kegiatan ini sangat penting karena rembuk stunting ini merupakan suatu aksi emergency penanganan stunting dan juga menjadi peringatan buat kita semua untuk melakukan sesuatu dalam penurunan stunting di takalar.

“Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) angka stunting tahun ini mengalami peningkatan, agak berbeda dengan Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) yang menunjukkan bahwa angka stunting kita menurun. Kita harus cermati ini, yang mana data yang valid, besar kemungkinan perbedaan data itu karena persoalan populasi” jelasnya.

Ditambahkan, apapun hasilnya, kita jadikan ini sebagai motivasi buat kita semua untuk terus berupaya dalam penurunan stunting. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cakupan posyandu, semua bayi, balita dan ibu hamil yang ada didesa harus tercover, baik penimbangannya dan pemeriksaannya.

“Posyandu menjadi tempat kita memaksimalkan gizi dimasyarakat dan memberikan edukasi kemasyarakat pentingnnya memeriksakan anak-anak kita keposyandu. Mari kita bersama-sama melakukan pembinaan posyandu, jika kita melakukan bersama saya yakin ada hasil yang akan dicapai” Ujarnya.

Diakhir kegiatan dirangkaikan dengan Penandatangan Pernyataan Komitmen Pelaksanaan Percepatan, Pencegahan dan Penurunuan Stunting Terintegrasi di Kab. Takalar oleh Pj. Bupati Takalar, Forkopimda Takalar, Kepala Bapelitbangda Kab. Takalar, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Takalar, Kepala Dinas Sosial & PMD Kab. Takalar, Dirwktur RSUD Haji Padjonga Dg. Ngalle Takalar, Direktur Rumah Sakit Galesong dan Pimpinan Bank Sulselbar Kab. Takalar.(Jaya)

Comment